Kista Endometriosis

Kista endometriosis adalah gangguan di mana jaringan yang menyerupai dinding dalam rahim (endometrium) tampak pada lokasi yang tidak biasa, yaitu pada perut bagian bawah. Jaringan ini dapat ditemukan pada permukaan indung telur, di belakang rahim, di bawah ruang pinggul, pada dinding usus, dan terkadang pada tempat lain yang jauh. Penderita kista endometriosis adalah wanita antara masa pubertas dan menopause, dan paling umum pada usia 20 dan 30 tahun.

Seringkali kista endometriosis tidak mendapatkan perhatian serius dari penderitanya maupun dokter yang memeriksanya. Rasa sakit pada masa haid umumnya dianggap sebagai hal yang sudah selayaknya dialami setiap bulan.

Kista endometriosis merupakan gangguan yang lebih sering terjadi pada wanita yang memilih tidak mempunyai anak atau tidak subur. Dari istilahnya terungkap bahwa bagian dinding rahim bagian dalam (endometrium) membentuk semacam sarang kecil atau kista di dalam otot rahim, yang berkembang menjadi lebih tebal. Atau berkembang di dalam indung telur (ovarium), dan di bagian lain dari panggul (pelvic) sebagai endometrium implan. Pada waktu haid, jaringan endormetrium implan yang mirip rahim miniatur itu menghambat darah ke luar, sehingga dengan semakin membesarnya kista tersebut akan timbul rasa sakit yang hebat.

Kista endometriosis juga dikenal sebagai penyakit wanita karier (working women disease), karena dialami oleh sekitar 10% dari wanita subur (yang mengalami haid) berusia 25 sampai 44 tahun. Juga kemungkinan dialami oleh para remaja. Penyebabnya yang pasti masih belum disepakati kalangan ahli yang berpegang pada beberapa teori mereka masing-masing, tetapi dari banyak penelitan terungkap bahwa 25-35% wanita tidak subur yang mengalami kista endometriosis, diduga hubungannya dengan gangguan sistem reproduksi. Resikonya 7 kali lebih tinggi bila ibu atau saudari perempuannya juga mengalami penyakit ini.

Kista endometriosis ada hubungannya dengan gangguan sistem kekebalan tubuh dan hormonal akibat paparan racun lingkungan, dan pola makan yan tidak baik kandungan nutrisinya (tidak seimbang). Racun lingkungan yang disebut sebagai agen perusak sistem endokrin (endocrine disruptor) itu terdapat sebagai dioksin, bahan plastik, deterjen dan pestisida yang sering kontak dengan kita. Sedangkan pola makan buruk gizi terjadi tanpa disadari dengan mengonsumsi makanan olahan yang menjadi ciri gaya hidup modern. Karena itulah endometriosis menjadi ancaman tersembunyi bagi remaja dan wanita muda yang penuh kegiatan di luar rumah.


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Kista Endometriosis and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>